Saturday, December 13, 2008

Flash Info

Saya baru tau, tentang hal-hal di bawah ini.

bz!
Ini majalah online dari blogfam yang harus berakhir. Semoga suatu saat nanti bisa hidup kembali. Di bz! saya pertama kali menulis dengan baik dan benar. Rasanya betul-betul jadi profesional jurnalis dengan dikejar DEADLINE! Disitu saya pernah jadi bagian dari tim bz!kreasi. Pernah bangga punya badge wartawan yang warnanya kuning hehehe.

Laskar Pemimpi
Ini tentang novel yang katanya menyeimbangkan Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Ditulis oleh Nurhady Sirimorok. Baca info awalnya di webnya Pak Amril.

Blog OKE
Dan ini dia blog oke yang bakal bikin sapa aja nambah elmu :P

Okeh, all. Kemaren tanggal 12 Desember 2008 adalah tepat 16 tahun gempa & tsunami yang melanda Flores dan sekitarnya. Baca di blognya Sinta, jadi terharu. Semua adalah pelajaran untuk kita, umat manusia.

Happy Weekend all!

Wassalam.

Wednesday, December 03, 2008

Poligami & Game

Poligami
Waktu seorang Ustadz berpoligami, muncul aneka pro dan kontra dari masyarakat. Meskipun yang kontra pada akhirnya bilang, "alamiah ya, Manusia. Lagian dihalalkan dalam ajaran Agama dan itu menghindari zinah bukan?"
Ya betul. Poligami menghindari ZINAH. Zinah; satu kata yang sebisanya dihindari oleh Manusia. Bukan karena mempertahankan harga diri tapi untuk suatu pandangan pribadi tentang mengenal siapa diri kita. Sampai di mana tingkat CULTURE yang ada dalam diri kita. Apakah kita setingkat hewan yang kawin tanpa mengenal batasan dan UU? Atau kita adalah Manusia yang menggunakan hadiah dari Tuhan yaitu; akal dan logika, untuk mempertahankan CULTURE tersebut?
Anda yang pilih!
Masih berhubungan dengan zinah. Suatu hari sahabat saya berkata, "kakak saya meninggalkan pekerjaannya di luar negeri karena stress. Dia stress gara-gara Bapak kami menikah lagi."
Saya kaget. Kakak dari sahabat saya itu adalah idola saya karena kecerdasannya. Saya bangga mengenal Si Kakak; pintar! Seharusnya NTT bangga sama orang seperti itu. Tapi kebanggaan saya itu seolah pudar gara-gara pikiran sempitnya. Ibu mereka telah lama meninggal sementara Bapak masih sehat, segar-bugar. Bukankah baik bila Bapak menikah lagi? Bukankah baik bila Bapak memperoleh pendamping di usia senja yang mana dapat menemani hari-harinya saat anak-anak jauh merantau dan juga bisa mengurusi Bapak? Sekaligus juga menerima nafkah bathin? Itu pandangan saya. Jelas jauh berbeda dengan pandangan Si Kakak.
Jadi menurut saya, poligami boleh-boleh sajalah demi kesehatan dan kesejahteraan.

Game BerPoligami
Seorang bocah SMP ternyata punya pikiran yang tinggi tentang poligami. Kebetulan bocah itu adalah Ponakan-sharap saya sendiri yang bernama Indra. Saya tidak menyangka anak sekecil dia, SMP masih terhitung bocah/anak kecil kan?, punya pikiran sejauh itu! Insya Allah pikiran ini terus terbawa saat ia menikah nanti.
Amin.
Padahal biasanya Indra itu mikirnya cuma Harry Potter, Heroes & Supranatural.
Game yang kami mainkan adalah VIRTUAL VILLAGERS 2 (VV). Seorang sohib, Ian (seklur Potulando) membagi game ini dengan saya. Dia mengantar langsung cd game ke radio. Hehehe. Dan waktu tau ini realtime game, binar-binar indah di mata saya dan Indra langsung menyilaukan seluruh pojok kamar :D
VV berkisah tentang the lost children. Mereka mendiami sebuah pulau Isola, dengan jumlah penduduk awal 7 orang. Kehidupan primitif dijalani sambil mereka belajar tentang farming, research, heal, parenting, culture, medicine dan lain-lain. Dan... mereka juga harus menambah penduduk dengan 'go indoor' untuk memperoleh bayi. Kenapa harus? Inilah salah satu rantai kehidupan. Bila tak ada anak kecil (batas 14 tahun), maka tak ada yang memungut binatang2 kecil untuk diteliti oleh para Cientist. Kerja Cientist di bidang research inilah yang menambah angka TECH sehingga penduduk bisa membeli teknologi2 baru untuk perkembangan desa mereka.
Herannya adalah sejak awal 7 penduduk itu, Pria yang disediakan cuma 2. Dan seterusnya juga begitu; kebanyakan anak yang lahir itu Perempuan! Jadi tertulis "One Man can FATHER many children" hehehe. Enak bener. Dan itu diprotes Indra!!!! Ough.

-waktu saya mo pindahin 2 tokoh menuju rumah kawin-

Indra: JANGAN, NCIM!

Saya: Kenapa?

Indra: Si Lesmono itu kan tadi sudah nikah sama Indah.

Saya: Lalu kenapa?

Indra: Nikahnya harus sama Indah lagi. Kasian Indah! Lesmono berPOLIGAMI!

Saya: *Super Dongo terbang ke angkasa*

Membaca semua tulisan di atas, menurut teman-teman, TEMA APA SIH YANG ASYIK UNTUK PESTA TAHUN BARU NANTI?

*digampar bolak balik*

Huekekeke. Udah ah, jangan serius melulu :P
Soal tahun baru, anak2 (Gomezone Radio & Gomezone Net) udah mulai nyusun and ngusul nih. Rata2 pengen perayaan tahun baru di Gomezone kayak tahun lalu aja. Pesta sate & lontong! Makan sepuwasnya, berkali-kali, ampe teler, ampe dibawa pulang. Huhuhuhu. Dan waktu saya tanya, "kali ini sapa yang masak?"
Dengan santai dan nggak mo dibantah mereka menjawab, "TUTEH dwonk. Emangnya sapa lagi?"

*Super Dongo mempelajari ilmu baru dari Aki Dongo*

"Menunya diganti ah!"

"Barbeque!" usul Dega tanpa dosa dan tanpa rasa menyesal kalo nanti dia makan tuh barbeque ala Tuteh bisa sakit perut 9 bulan. Huhuhu.

"Gimana kalo..."

Omongan saya dipangkas Okem, "makanan itu harus mengenyangkan karena kita nongkrong di radio dari malam ampe pagi. TITIK."

-ebuset- :P

Ada usul? Enaknya kambing guling neh hehehe. Ada yang mo ngerayain Tahun Baru bersama kami? Yuk mareeee.


Notes;
Happy b'day to Kiki. Ponakan yang mewarisi bakat 'jalur sibuk' saya dengan bakat mendongeng yang tinggi dan tatapan sayu menggoda :D huekekek. Semoga jadi anak yang berbakti ya, Nak! Cepat dapet kerja, meski sekarang masih SMP, biyar cepat traktir Encim :D hihihihi ;))
Happy BLOGGING for www.ilhamhimawan.com :D hehehe *siram tepung*

Wassalam.

Monday, December 01, 2008

Web Flobamora Community

Hi temans :) maaf kalo ini lagi2 tentang FLOBAMORA COMMUNITY.

Flobamora Community saya bilang cukup unik karena justru yang menggagas sekaligus memfasilitasi bukan orang NTT. Fakta ini seharusnya bisa memecut orang NTT hehehe. Memecut untuk apa? Untuk bergabung tentunya.
*halah, kalimat pembukanya sami mawon, NGIKLAN!* :P
Meski dalam tiap ajakan saya selalu berkata, "yang bukan orang NTT, pokoknya orang Indonesia, boleh kok gabung!" tapi tetap besar harapan orang NTT mau bergabung. Dan ternyata memang tidak selalu mudah untuk mengajak orang lain bergabung di komunitas online yaaaa :)

Gagasan untuk membentuk Flobamora Community, yang awalnya memang ditujukan sebagai pemersatu blogger NTT, adalah Pak Deddy Suhendry, Ilham Himawan, Dedy Isnandar dan saya sendiri.
Saya dan Ilham sendiri emang member Blogfam yang kesohor itu lho. Blogfamnya yang kesohor, kita berdua sih enggak :D hehehe.
Ide ini berkembang, dibicarakan lewat milis. Lantas bergabung teman-teman seperti Bang Oir (blogger profesional Ende), Chris Senda, Christian, Zigmafire, Sinta, Inggi, Oskar, Okem hingga blogger lain yang bukan orang NTT such as mami vi3 dan my Twen. Untuk memfasilitasi Flobamora Community yang pastinya nggak cuma berkembang di milis BODED, beliau lebih suka menggunakan nama ini, menghadiahkan alias mendonasikan sekian rupiah untuk pembuatan website Flobamora Community dan diurusi oleh Ilham. Ke depannya member Flobamora Community sendiri yang harus mengatasi jaminan domain dan hosting tidak 'hilang' dari genggaman.
*gile, bahasanya jijik, Teh* :P

Karena Ilham juga termasuk 'orang penting' hehehe jadi cukup sibuk, sehingga agak lama website Flobamora Community underconstruction. Mengatasi hal itu Boded menghadiahkan sebuah network untuk member Flobamora Community yang akrab disapa Flobamoraous. Hadiah tersebut berupa Forum Flobamora dan Gallery Flobamora. Kecintaan Boded pada NTT memang berakar sangat dalam hehehe :) *piss, Pak* :P

Beberapa hari terakhir, Ilham giat mengurus website Flobamora Community dan jadilah. Saya senang sekali hehehe.

Jadi siapa saja yang mau bergabung di Flobamora Community, kami persilahkan. Nggak harus orang NTT kan? SIAPA SAJA kami ajak untuk meramaikannya.
Caranya?
Gampang!
Open browser dan ketik www.forum.flobamora.net dan register. Setelah itu jangan lupa perkenalkan diri; nama dan alamat email harus jelas dan silahkan berapresiasi dengan thread2 yang ada. Bila ada thread yang tidak sesuai dengan minat Anda, usulkan saja. Mudah bukan?
Dan untuk forum ini, ada apresiasi pulsa tiap bulan untuk 1 Flobamoraous yang paling banyak memposting NEW TOPIC. Btw pemenang bulan Desember adalah ETCHON.
Oia, awalnya Flobamora Community cuma untuk mereka-mereka yang punya blog alias seorang blogger, tapi sekarang siapa aja boleh kok gabung. Urusan blog kan ada thread 'blog' sehingga siapa aja bisa belajar dan bisa minta bantuan sesama Flobamoraous (khusus buat orang NTT nih kayaknya hehehe).

Buat yang punya foto2 keindahan alam NTT, boleh gabung di Gallery Flobamora. Sekaligus itu gallery juga disediakan sebagai tempat 'nampang' Flobamoraous kok.

Sementara itu sekarang ini saya masih mengharapkan Flobamoraous yang ada bisa berpartisipasi di website Flobamora Community yaitu dengan mengirimkan opini, artikel, profile tokoh NTT dan lain sebagainya. Sementara bolehlah kirimkan ke alamat email saya... kalo mo tanya2 lebih lanjut tentang Flobamora Community, langsung aja di forum :D

Okew deh. Sekali lagi thanks buat Boded juga Ilham. Many thanks!

Kemaren di plurk banyak yang ngasih selamat; Rara (termasuk dedengkotnya angingmammiri), Ollie (yang sukses banget dengan kutukutubuku) juga Dmw. Dan kalo di sini nggak ada yang mo ngasih ucapan selamat, saya aja deh yang bilang, "SUKSES YA BUAT FLOBAMORA COMMUNITY!"
*digampar*

Notes; kemarin Ilham sms katanya kepikiran mo bikin gawe Pelatihan Blogging dengan sponsor yang udah pasti mau. Tapi setelah website Flobamora Community dilaunch :D heheeh *asyikkkk!*


Wassalam.