..::sItuS bUng karNO::..

Hari ini ga tau posting apaan, ga niad postingin cerita Natal di kompleks rumah tootyee, siang nanti baru mo ke rumahnya Achy :p ya udeh, tootyee cerita2 aja soal Situs Bung Karno yahhhh .. cerita yang sama bisa di baca di link : My Other's Blog, tootyee's report .. oke smwa .. met baca2 :p mwa mwam waaaa

Banyak orang mungkin tidak tau, bahwa di kota kecil Ende, terdapat satu Situs [bekas rumah pembuangan] bung Karno, Presiden RI yang pertama. Situs bung Karno terletak di jalan Perwira Ende, di tengah-tengah pemukiman penduduk. Rumah tua itu hingga saat ini masih kokoh berdiri karena perawatan yang baik. Pagar bercat kuning mengelilingi areal situs tersebut. Satu buah papan besar dicanangkan di depan situs bertuliskan SITUS BUNG KARNO.

Memasuki situs kita akan disambut oleh seorang juru kunci. Begitu memasuki ruang tamu, aroma tempo dulu akan segera tercium. Di ruang tamu utama dipajang dua lemari kaca yang besar tempat barang-barang milik bung Karno dahulu. Mulai dari buku-buku favoritnya, piring gelas dan sendok, tongkat hingga cerutu dan tatakan gelas. Disamping lemari besar tersebut terdapat meja yang diletakkan buku tamu. Tamu wajib lapor! Disitu banyak sekali tamu-tamu terhormat membubuhkan tanda tangan, salah satunya adalah Presiden RI yang sekarang, ibu Megawaty. Satu buah lukisan Bali tersandar di sudut ruang tamu. Menyebelahi ruang tamu utama terdapat ruang duduk. Satu meja dan empat kursi tempat bung Karno sering duduk-duduk santai di situ, di dindingnya terdapat tulisan tangan bung Karno. Satu pintu dari ruang duduk menembusi kamar tidur. Masih terdapat kamar tidur besi jaman dulu dengan lukisan bung Karno diletakkan di atasnya. Disitu terdapat lemari dari kayu dan gantungan baju. Berhadapan dengan kamar tidur tersebut terdapat satu kamar tidur lagi, dengan dua buah ranjang dan lemari kayu. Diantara dua kamar tidur tadi terdapat meja makan dan kursi. Keluar dari bangunan utama terdapat satu kamar 'berdoa' di bagian belakang. Tidak sembarang orang boleh masuk ke kamar tersebut, karena di lantai kamar terdapat bekas kaki, telapak tangan dan jidad. Hasil dari seringnya bung Karno melewatkan waktu sholatnya di situ. Di halaman belakang terdapat satu bangunan dengan dua ruang. Ruang satu untuk dapur dan ruang dua untuk kamar mandi/wc. Berhadapan dengan kamar mandi terdapat sebuah sumur tua namun bersih. Alkisah, siapa pun yang mencuci muka dengan air sumur tersebut akan dilimpahi rejeki berlimpah, Insya Allah. Halaman yang mengelilingi situs dipenuhi tanaman bunga yang terawat rapih.

Sehingga jangan heran bila setiap orang yang mengunjungi situs tersebut akan keluar dengan wajah yang basah. Rugi rasanya bila tidak ikut mencuci muka dengan air dari sumur tua tersebut. Juru kunci yang sekarang adalah turunan kedua, karena pak Pua yang menjaga situs sebelumnya telah meninggal dunia dan digantikan oleh anaknya, Udin.

Well, siapa yang tau kalau di kota kecil Ende terdapat bangunan bersejarah? Tootyee menuliskan ini juga agar masyarakat Indonesia tau, bahwa di Ende terdapat situs bung Karno. Selain situs bung Karno masih ada lagi satu tempat bersejarah yaitu tempat bung Karno merenungkan Pancasila. Tempat tersebut terletak di samping lapangan PERSE Ende. Tempat bung Karno merenungkan Pancasila didirikan pagar mengelilinginya. Dengan taman kecil yang dipenuhi bunga dan tempat untuk duduk-duduk. Sayang masyarakat tidak diperbolehkan bebas memasuki areal tersebut. Harap dimaklumi saja, masyarakat kita kadang suka seenaknya menginjak rumput dan memetik bunga-bunga yang ada. Kasihan kan bila hasil kerja para penghuni LP [Lembaga Pemsyarakatan] yang tenaganya dimanfaatkan untuk perawatan tempat tersebut menjadi rusak karenanya. Nah, berhadapan dengan tempat bung Karno merenungkan Pancasila adalah taman remaja, berseberang jalan dengannya terdapat taman rendo [taman bermain anak-anak] yang terletak di tepi pantai Ende. Sore-sore menghabiskan waktu di Ende memang sungguh indah.

Ah, itu saja, tootyee capek, kemaren ngelembur seharian penuh, malamnya masih sempet hanging out ma Ka Di2 dan Ka To2, oia lupa, Ka To2 mo ngabisin Tahun Baru di Ende, biasa, kakak tootyee yang satu ituw selalu merasa tidak cocok sama iklim Maumere tiap kali ada hari2 penting, kayak lebaran, natal ataw taon baru, ngobrol ini ituw ampe jam satu, dan pagi ini tootyee mesti kerja kan? So capekkkk gegegeg .. dah ya smwa .. tataahhhhh bola bulet, koreka!!!!

Wassalam
tootyee hewhew ^^

Share:

0 coment�rios