..:: apa YEA?? ::..

Ga tau deh, yang jelas, hari ini saya, Tuteh, merasa sebaiknya masuk kerja saja, dari pada ikutan sholat Ied (kafir bwanged yea? :P). Ga tau kenapa saya lebih sukak masuk kerja saja, pilihan yang amat sangat tidak tepat di hari baik ini *^_^* well ,,, toh saya punya pertimbangan sendiri, ini jalan terbaik, jadi saya jalani saja :)) Padahal di jadwal hari ini saya seharusnya libur bur burrrrrrrrr ... ntah ~|!+@_#)(*$&^% menurut saya pribadi, sebaiknya juga ga usah dibahas, no comment.

Jadi, Happy Idul Adha aja dey :P eh, kemaren kan udah ... gpp ... blum basi kok bwat ngulangin lagi dan lagi ^^ siyalnya si Ibhen (nasi_timb) dan mami vi3 kok tau ... kok tau ... hehehe kok tauuuu kalaw saya harus jauh2 dari sapi di hari ini, soale takut yang motong sapi bingung, salah2 tuh *parang* nancap di leher saya kikikiki ... wooooo segitunya deh aw *tersungging vol.3* hawhawhaw lagian semalam b'pey jugak ga hadir, sibuk sama urusan keluarganya die, bapak mantu yang pak Haji itu, otomatis berqurban jugak, eeehhh bukan si bapak yang dipotong, kesian, badan tipis pis getu :P tapi bla bla bla, ngerti kan? :D kalaw ga ngerti, ke gedung tingkat 22 aja, trus terjun dari atapnya :P huehuehuehue

Semalam, sampai tadi pagi terdengar gema takbir yang berkumandang terus menerus. Disaat2 begitu, saya jadi inget almarhum pop lagi *ugh* biasanya dulu pop orang tersibuk bila ada hari raya gini. Pop itu anggota PHBI (Panitia Hari Besar Islam-red) di Ende yang mengepalai bagian sound getu. Jadi soal bunyi2an berada di bawah tanggung jawab pop. Huah .... sedih jugak denger gema takbir ... inget pop ... hari ini pop di sana sholat jugak kah? Wish you the best pop, luv u, mwa ... ~_~ huhuhu i love my pop!!!!!!!!!

*Kriuk2* bunyi apa tuh? Eh iya, perut saya ^_^ lapar euy, ga sarapan, inget masakan ka Ni2 semalam *slrupsss* sebaiknya saya segera mencari penambal perut sebelum terlambat, maksutnya, sebelum saya jadi histeris kalaw liad makanan :P~~~ Teh jugak mo bilang, tengkiyuh to Isa, script nya nanti pas V'day mau dipasang disini ... asekkk bisa jugak nanti blog saya menampilkan hal spektakuler ... huhuhuhu *sorak sorai penonton* basi tauk, kan dah nampang duluan di blog empu-nya script :P kekekekeh biyarrrrr wek! :P tapi bisa ga yea saya pasangin? Mengingat keterbatasan otak saya (bego-red) dalam soal beginian, sutralah .. kalau cuman kopi paste ke blog mah kecillll *slentingin jari* tapi kalaw harus makek rumuz kimia ini itu, syusaaayyhhh *pasang tampang sebal ma pak Nyoman, guru Kimia zaman smu* hewhewhew

Happy Sunday jugak bwat semuah :)) enaknya ngapain? Setelah minggu lalu membahas minggu itu enaknya nyuci ataw merit, minggu gini enaknya jalan2 kali yea, pakek jeans belel yang ga dicuci 2 bulan, kaos, sepatu pluz ransel. Isi ransel : buku, greensand 2 kaleng, aqua gelas 1, roti, kue, biskuit, permen, huhuhuhu Tuteh bwanged!!! :D loh trus hp ma dompet ke mana? Khas Tuteh, hp saku kiri, dompet saku kanan :P ga percaya sama keamanan ranzel ^^ jalan2 keliling Ende, muter2 di pantai2nya, istirahat di taman2nya .. dijamin barang siapa yang menjalankan hal tersebut di atas, Idul Adha taon depan bisa di jagokan bwat Qurban :D hikhikhik rewoooooo (baca : ngaco-red).

Oh iya, di bawah postingan saya kali ini *ehem ehem, batuk mesra* ada satu cerpen yang kelar saya bikin tadi malam. Biasa, soal si Pipi euy! :)) lagi2 Pipi kembali hadir dalam otak neh, soal hari raya, ga jauh2 kok topiknya :P Serial Pipi yang lain bisa di baca di blog cerpen saya, di http://tootyee.tblog.com. Semua serial Pipi komplit ada disitu. Bongkar saja arsipnya!

Cukup sekian sodara2, sebelum Teh bertambah parah dalam posting memosting, jadi saya undur diri dulu ... jangan ditanya kemana saya pergi! Ga jauh2 kok, ke warung depan :P~~ tuntutan peruttt paling banter jugak cari jajan ... ditambah kopi *sadap* ditambah sebatang LA *sadap sadap* ditambah ngupil *saraffffff* :D tq Rosa, yang telah membelikan saya dan Achy panganan :P eh lupa, Haluw bola bulet, mwa mwa mwa teruslah menjalankan tugasmu hari ini, besok dan seterusnya, sampai puyeng!! Eh jangan ding, sampai batas waktu yang ditentukan sama our Thie :)) saatnya berpelukan, saatnya bikin hancur blog lain, saatnya menjawab soal2 dari fans di shoutbox .. cieeeehhh gwuaaaya :p tatah all ... koreeekkkaaa!!!!

.:. Serial Pipi : BerQurban .:.

Satu minggu lagi, terhitung hari ini, adalah hari raya umat Muslim. Hari raya ke dua setelah Idul Fitri, paling tidak, begitulah orang awam menyebutnya. Idul Adha kali ini diramaikan dengan 7 ekor sapi yang akan dikurbankan, entah berapa ekor kambing. Yang jelas, 7 ekor sapi tersebut hasil sumbangan dari Pemda, Masjid-masjid, Kelompok pengajian dan PHBI sendiri. Pipi, si ceking nan tomboy terlihat asik membaca gober kesayangannya. Sore-sore gini begitu lah kegiatan gadis itu kalau tidak mengikuti les privat dan maen bersama geng REWO-nya. Keasikan Pipi terganggu saat Pedro dan beberapa temannya termasuk Kevin (baca Pipi : Cinta Monyet-red) datang. Suasana yang hening tiba-tiba ribut. Pipi sebenarnya ga membenci teman-teman kakaknya itu, hanya saja, karena Pipi lagi punya sedikit bentrokan sama Pedro, makanya tampangnya langsung dikerut sekerut-kerutnya. Jutek banget kelihatannya. Dipelototinnya temen-teman kakaknya itu satu per satu. Ada si Kevin, Andy, Obbi dan Joni. Huh, Pipi membuang muka.

"Halo Pipi .. judes amat tampangnya?" Kevin, yang sedikit merasa dekat dengan Pipi mencoba mencari perhatian. Pipi memandangnya sekilas, tersenyum tanpa arti dan kembali membaca gober kesayangannya. Kevin cemberut.
"Oittt paman Donald .. lihatlah, ada si culun datang, kata Kwek sambil menunjuk-nunjuk paman Kevin, yang kikirnya terkenal sedunia itu ..." Kevin langsung mundur begitu mendengar bacaan Pipi .. Sambil garuk-garuk kepalanya yang tidak gatal Kevin membatin, emang paman Gober nama samarannya Kevin apa yah? Pipi sempat melirik sekilas, rasain luuuu, cewek tomboy itu mau melanjutkan bacaannya dengan suara lantang kalau tidak didengarnya Pedro memanggil teman-temannya itu.
"Yokk ... bola basketnya ternyata ada di belakang ..." rupanya mereka berlima mau latihan basket. Pipi mencibir lagi, masa segitu namanya latihan basket? Cuma ngedrible bola trus masukin ke keranjang belanjanya mami? Kalau jago, noh ke lapangan KONI, bertarung sama anak-anak sana ... Eh, tunggu dulu, bola basket? Bola basket Pedro kan telah hancur berkeping-keping seperti gelas-gelas kaca kalau jatuh ke lantai? Bola itu kemarin siang dicincang Pipi pakai cutter plus parang milik bi Ijah? Gara-gara pertengkarannya kemarin sama Pedro, gara-gara Pedro ngata-ngatain dirinya dengan pedas "Dasar anak ingusan, dibohongin sama Rahul saja mau, mana ada anak kuliahan mau pacaran sama anak ingusan kayak kamu? Pikir dong pakai otak, jangan pakai kunciran rambut yang ga pernah ganti model gitu!!!!" busyettt, brani-braninya Pedro bilang begitu. Pipi tak dapat membantah, gadis itu dengan berang masuk kamar. Lalu dengan tak berperasaan Pipi mengambil bola basket Pedro yang lagi nangkring di bangku halaman belakang, di iris-irisnya bola keras itu dengan cutter, ga mempan pakai cutter, Pipi mengambil parang tajam di dapur. Tak ada rotan akar pun jadi, gitu batin Pipi berkomentar. Dan sore ini? Kacau lah kalau Pedro sampai tau dirinya lah yang telah menghancurka bola itu. Pipi ga konsen lagi baca gober, hatinya deg deg-an terus. Pokok masalahnya dimana sih? Gara-gara Rahul ga jadi nganterin dia ke toko buku ... Pedro menghina dan ... Huh, Pipi bangkit dari sofa, perlahan-lahan melangkah ke kamarnya.

Sampai menjelang makan malam Pipi masih menunggu reaksi Pedro. Tapi si kakak cuek bebek menyantap nasi putih plus sayur bening dan ikan saos asam manis. Pipi takut-takut juga melihat wajah Pedro, namun yang ditemui di wajah sang kakak, hanya garis datar, tanpa marah. Loh, seharusnya bang Pedro marah kan? Batin Pipi tak habis-habis. Duh, kok ga marah? Ga biasa sekali ... Dengan irama tak tentu Pipi menyuapi mulutnya sesendok demi sesendok. Kenapa Pedro ga marah? Papi dan mami saling pandang. Kedua kurcaci ini biasanya ribut di mana-mana, termasuk di meja makan. Malam ini keduanya menjalankan table manner yang entah dipelajari dari mana. Sok sopan. Mami mengangkat bahu. Papi meneruskan makannya, juga tanpa suara, mau melucu, takut candaannya malah bikin kedua anaknya tertawa, loh kok .. Soalnya kalau tertawa, artinya mereka memaksakan diri banget! Mana ada gurauan papi terlihat lucu? Justru kalau papi diam-diam saja, keduanya bisa tertawa terpingkal-pingkal, katanya wajah papi cocok jadi maskot Ketoprak Humor. Dasar sableng!

Lima hari lagi Idul Adha, kegiatan amal di masjid-masjid mulai terasa. Pipi sempat nyumbang juga, sebagian uang jajannya ditabung dan disumbangkan. Niatnya sih buat beliin bola basket baru untuk Pedro, namun karena ga ada komplain apa-apa dari Pedro, Pipi menyerahkan uangnya itu untuk masjid. Untung-untung bisa buat beli sapi. Lumayan kan, biar masyarakat yang ga mampu bisa dapat jatah semuanya, adil dan merata. Aksi diamnya ke Pedro pun masih terus berlanjut tanpa ada niat damai dari keduanya. Pedro lebih memilih diam di kamar dengerin radio yang menampilkan lagu-lagu jaman dahulu kala (radio Daerah sih!). Sedang Pipi lebih suka membaca gober sambil mendengar hentakan-hentakan dari Linkin Park. Pedro ga bisa berbuat apa-apa, soalnya dia lebih memilih jalan-jalan ke Jogja ketimbang membeli vcd pas liburan tahun lalu itu. Makanya, saat ini dia hanya bisa gigit jari mendengarkan lagu mendayu-dayu dari radio ... duh ... bikin ngantuk!

Begitulah, jam terus berdentang, hari terus berganti, menu makan siang ga ganti-gati juga. Pedro dan Pipi, dua bersaudara yang biasanya akur itu, masih terus saling diam-diaman. Sampai-sampai bi Ijah pernah berkomentar gini "Coba setiap hari bisa begini yah ... adem nih kuping rasanya ..." Pipi cuek sama komentar bi Ijah, bukan komentar dari si Rahul ini kok! Terserah deh mo ngomong apa. Tapi lama kelamaan hati Pipi ga enak juga. Masalahnya adalah, Pipi ga bisa keluar rumah malam-malam kalau ga ditemani Pedro. Padahal menikmati kopi susu panas di MM Cafe jam sepuluh malam kan harus bareng Pedro? Pipi ga bisa ngakak lebar belakangan ini, soalnya teman ngakaknya juga lagi menjalankan aksi diam. Huh, dijahit saja deh mulut ini kalau ga bisa dipakai buat ngakak! Pipi mikir lagi dan lagi ... sesama saudara kok saling marahan? Sesama mafia kok saling menipu :P Makanya si tomboy ini berniat, nanti malam ke kamar Pedro, ngomong baik-baik. Kalau perlu sampai keluar air mata darah deh! Yang penting semuanya bisa kayak biasa lagi. Lagian besok kan mau hari raya? Masa masih marahan terus sih? Ga terasa sudah hampir seminggu mereka marahan! Allah hanya memberi waktu *sampai matahari terbenam, sebaiknya yang bermarahan sudah saling memaafkan* lha ini? Sudah hampir 6 kali matahari terbenam! Pipi semakin mantap dengan niatnya. Oh iya, bisa-bisa masakan mami yang super enak itu terasa hambar bila hati sedang marah. Betul ga saudara-saudara??!!

Maka dari itu, saat jarum jam menunjuk pukul 9, Pipi mengendap-endap keluar kamar. Berjalan perlahan, malu kalau ketahuan papi, mami dan bi Ijah! Biarpun harus meminta maaf duluan, itu harus diam-diam, ga boleh ada yang tau. Deuh prinsipnya .... dan *debyiarwiehsyapadisitubusyetttt* Pipi menabrak, Pedro!! Pedro yang juga sedang mengendap-endap menabrak Pipi! Keduanya kaget, saling pandang dan langsung terpingkal-pingkal. Pipi ngakak lebar melihat tampang Pedro yang mirip maling ketangkap basah. Sedangkan Pedro ketawa ga habis-habis melihat tampang Pipi mirip ayam dikasih potas. Berapa saat keduanya lantas tersadar ... jangan sampai papi dan mami yang sudah masuk kamar tau. Apalagi bi Ijah. Keduanya beringsut-ingsut ke teras depan. Duduk berdua di tengah pot-pot bunga mami yang kalau malam menawarkan aroma yang menyegarkan pikiran.
"Pi, emang tadi mau ke mana?!" tanya Pedro sambil natap bintang.
"Mau ke kamar bang Pedro ..." jawab Pipi sambil menatap bulan. Pedro menoleh ke adiknya. Pipi menoleh ke kakaknya.
"Ngapain?" tanya Pedro lagi. Pipi diam dulu untuk sementara. Biarpun telah berniat, untuk bicara itu rupanya agak sulit. Satu .. dua .. tiga .. Pipi berhitung dulu di dalam hati.
"Mau menjelaskan soal bola basket itu yah?" belum sempat Pipi menjawab, Pedro sudah menebak duluan. Heran deh Pipi, 6 hari ga bergaul dengannya si kakak telah lebih pintar dalam hal tebak-tebakan gini. Pipi mengangguk, membenarkan Pedro.
"Iah bang. Pipi mau minta maaf. Bukan hanya soal bola basket, tapi juga semua sikap Pipi selama 6 hari ini. Musuhan, diemin abang, dan lain-lainnya." Pipi menarik napas lega setelah bilang gitu. Pedro tersenyum, mengucek-ngucek rambut adiknya.
"Lalu, abang sendiri .... tadi mau kemana? Hayooo .. ke kamar Pipi kan?!" Pedro tersentak kaget. Duh, kalau soal tebak menebak gini, Pipi memang jago nya deh. Entah dapat dari mana indra ke tujuhnya itu. Indra ke enam Pipi : perayu kelas wahid. Beuhh itu termasuk dalam indra ga yah?
"Iya, abang ngaku deh ... Emang tadi mau ke kamar Pipi. Mau minta maaf juga, soalnya sudah menghina Pipi. Abang sendiri waku itu kaget juga, kok rada nyelekit yah kata-katanya. Padahal harusnya lebih nyelekit lagi .. haw haw haw soalnya Pipi biasanya kurang mempan kalau kata-kata abang kurang melecehkan gitu. Tapi kemarin rupanya abang salah duga, Pipi jadi marah besar gitu .. maafin abang yah?!" Pipi manggut-manggut sambil mainin kuncir rambutnya.
"Sama-sama deh bang ... besok kan mau hari raya Kurban. Malam ini kita berdua ternyata telah lebih dulu berkurban, kita menang bang!" Pedro yang jelas ga ngerti jadi bengong, penulis juga sedikit bengong.
"Ng .. maksut Pipi?" Pipi ga heran kalau Pedro terlihat kayak orang bego gini.
"Gini loh bang maksutnya ... Malam ini, Pipi dan abang telah mengorbankan perasaan GENGSI, EGO dan SOMBONG untuk saling meminta maaf dan untuk saling memaafkan! Gitu bang, ngerti kan?!!!" Pedro menangkap sedikit makna. Pipi menelan ludah, duh .. masak harus dijelaskan lebih mendetail sih?
"Oh iya iya .. abang ngerti. Betul juga, berkurban itu bukan hanya berkurban binatang yeah? Yup, anggap saja malam ini kita telah memotong satu ekor GENGSI, satu ekor EGO dan satu ekor SOMBONG! Ga usah dibagi, biarkan saja dikubur. Agar hati kita lebih bersih ..." Pipi dan Pedro saling pandang, mengingat kejadian tabrakan tadi dan keduanya ngakak bareng lagi.

"Ehem ehem .. kalian beruda!" terdengar suara mami dari pintu. Mereka berdua kaget.
"Eh mami, ngantuk sih ngantuk, ngomong jangan jadi ngelantur. Masak beruda, berdua!" papi meralat. Mami tersadar.
"Oh iya, kalian berdua, syukurlah kalian telah kembali ke jalan yang benar. Ternyata niat papi dan mami untuk mendamaikan ga jadi terlaksana. Kalian toh sudah besar-besar, sudah bisa berpikir sendiri. Masak satu dikali satu masih tanya ke mami?!" ugh, mami .. mulai deh. Papi ikutan ngomong.
"Iyah, satu dikali satu sama dengan dua tauk!" Yeee papi, Pedro dan Pipi cekikikan sendiri melihat tingkah ke dua orang tuanya itu. Dalam keadaan ngantuk berat masih juga memikirkan mereka. Mencari mereka ke kamar masing-masing dan menemukan kedua bersaudara itu asik tertawa di teras.
"Pokoknya inget, ga ada duit lebih buat jajan. No koment sama menu makan siang. Besok boleh makan enak, lusa makan angin. Inget besok bawain rantang makanan ke rumah si Komar! Punya temen susah, ga dipikirin! Lalu Pedro, kapan si Kevin datang lagi? Anaknya cakep, boleh tuh dijadiin umpan ke Hesti, tetangga sebelah, buat minta mangganya yang sudah mulai ranum ... Papi besok jangan lupa turut ke masjid, siapa tau kalau hewan kurbannya kurang, papi bisa dijadiin cadangan, bi Ijah besok harus rapih jali dari pagi sampai sore, ga ngapa-ngapain sih .. biar bi Ijah terlihat kinclong dikit .. bla bla bla .. de es be ... de el el .. ngerti semua? Sekarang bobok time!" beuh mami, sadar juga kalau sekarang dah jam 11. Eh tau ga, sambil ngoceh tadi, mata mami separuh terpejam. Apa itu tadi ngelindur yah?! Tak terasa 2 jam Pipi dan Pedro saling membuka hati. Mami balik kanan, mata ngantuk, ga sadar di depannya itu jendela dan *jedugz* mami kejedug jendela. Papi ngikik ... lagian siapa suruh, ngantuk-ngantuk masih kasih ceramah.
"Papiiiiiii jangan berdiri di depan pintu dong!" omel mami sembari menghilang ke dalam rumah. Papi masih ngikik ...
"Eh pi .. tadi dijagoin buat cadangan hewan kurban, trus disamain sama jendela, ntar dikira apa dong pi?" Pedro iseng bertanya. Papi dengan kalemnya menjawab.
"Kalau ga bantal guling ... ya ... Elma Theana ..." Pipi dan Pedro saling pandang.
"Loh kok Elma sih pi?" tanya Pipi penasaran.
"Soalnya mami sebel ma Elma, makanya kalau sampai mimpi ketemu Elma, tinju mami kadang melayang ke wajah papi ... huhhuhuhu" Pipi dan Pedro tambah ngakak lebar mengiringi langkah papi masuk ke dalam.

Akhirnya perseteruan antara Pipi dan Pedro berakhir sudah. Malam ini mereka kembali ke kamar masing-masing dengan beberapa catatan, saling meminjamkan vcd dan playernya. Saling malak kalau salah satu kehabisan duit jajan untuk seminggu. Boleh minjem kaos baru dan saling menjaga rahasia. Keduanya tertidur lelap.
Dan hari ini, adalah hari raya Idul Adha, para calon Haji/Hajjah telah resmi mendapat predikat tersebut, seusai sholat Ied, hewan-hewan di kurbankan. Papi jauh-jauh dari TPH, ngumpet di balik tembok. Hiihihihi (Maaf sodara-sodara, Penulis ga tahan pengen ngakak jugak :P). Pipi, diantar Pedro ke rumah Komar bawain rantangan. Bi Ijah rapih jali nata makanan di meja. Dan mami, di depan cermin, terheran-heran sama benjol gede di keningnya. Whatever .. yang jelas, petiklah hikmah Idul Adha, semampu kita memetiknya, jangan dipaksa bila belum mengerti maknanya. Yang jelas, dengan berkurban, kita membersihkan diri dan hidup dari hal-hal kotor yang melekat padanya. Bukan begitu pembaca yang tutehman?

dibuat tootyee, 31 Janayari 2004
huahAHhaHAhahahHAHaAaHAhahHAHhahhaHAHhah


Wassalam ^_^

Share:

0 coment�rios