.:. lagu daerah!! .:.


Bola bulet!! Huheuhue. Hmm gara2 pola tidur yang bagus kemaren *lirik Seline* Teh jadi semangat ciee ;p badan ga jadi pegel2 lagih :D Yah yah yah, ternyata begadang itu merusak kesehatan hihihihi. Tapiii cuman sehari doang :D Teh lantas kena insomnia lagi, ga bisa bobok mpe jem 3 pagi :D *keren* hahahahaha.

Nah, ceritanya pas ga ada user kemaren, Teh ke loket depan dan nonton pilem di sctv *kalaw ga salah* huehue. Pilem zaman dulu (ga dulu2 banged) yang maen ituw artis favorit Teh semua. Ada Matias Muchus, Didi Petet, Dedi Mizwar, Nurul Arifin .. ada pak Tile dllnya. Yang aneh, Teh ga tauk judulnya wekekekekek. Nah pas nonton pilem ituw, soundtracknya *tsah* kok lagu timur yaks? Atau Teh yang salah? Kira2 begini nih liriknya,..

Kawin bae-bae,..
Jangan sampe bakalae,..
Kalau sampe bakalae,..


Bla bla bla :P~ itu kan lagu orang ambon kalaw ga salah. NAH!! Karena itu lah Teh jadi inget lagu2 daerah huehuehue. Yang paling ngeTOP dari Ende sejak zaman dulu hingga kini itu SATU. Judulnya Sanua Kota Ende ... Kampung besar Kota Ende <--- artinya kira2 begini :D hehehehe.

Sanua kota ende, benu puka ju wonga,..
Mera meta bara, ate ku gha sophia raka,..

Sa wonga moke toto, ate ku gha so ria lo'o,..
Aku so pu'i tau lima, ku gha ola melu,..

Weta kau olu ndou bae rakae,..
Nara kau mbana, pere lewa limba,..
Kobe no leja weta kau de'e,..
Susah,.. susah,.. aku gha bai re'e,..


*nyengir lebar* hahaha. Itu lagu paling tenar!! Coba tanya ke semua orang Ende, lagu legendaris kota Ende ya itu SATU2nya. Lagu lain sih buanyak bwanged lah :)) Tapi yang namanya Sanua Kota Ende, GA AKAN PERNAH ILANG DARI INGATAN!! Selau ada dan selalu di kenang.

Hmm, di Ende, ada dua golongan ENDE.
1. Ende Lio (daerah pegunungan)
2. Ende Pesisir (daerah pantai)
Nah lirik lagu itu dibuat memakai bahasa 'ende Lio' jadi Teh kurang2 paham hehehe. Teh sih taunya Ende Pesisir, itu pun ga fasih betul ngomong bahasa Ende. Soalnya, dalam keluarga Teh ga ada yang pake bahasa Ende, ortu dah membiasakan kita menggunakan bahasa Indonesia :) .. bapak pun kalau ngomong jawa, kudu kita kritik hahahahaha.

Perbedaan bahasa Ende Lio dan Ende Pesisir itu ga terlalu jauh pada kata-kata tertentu. Misalnya ini,..
Belum ---> Ende Lio = LA'E sedangkan Ende Pesisir = RA'E
Dimana ---> Ende Lio = LAKA'EMBA sedangkan Ende Pesisir = PA'EMBA
Saya ---> Ende Lio = AKU sedangkan Ende Pesisir = JA'O
Mangkanya kalau ada cewek2 yang sok belagu bilang 'aku,..' mesti deh ada yang nyaut gini 'aku jawa atau aku Lio?' hueheuhue. Soalnya di Ende, orang yang pake kata 'aku' itu terkesan sok :P yang dipake itu 'saya' atau 'sa' atau 'ja'o' sekalian hehehehehe.

Arti penggalan lirik lagu 'Sanua Kota Ende' diatas yang bisa Teh artikan cuman ini nih,..
Nara kau mbana, pere lewa limba,..
Artinya : Pacar(cowok), kamu pergi .. hilang terus!!

Huehuhue. Arti keseluruhannya Teh kurang hapal :)) Nanti deh Teh cobak tanya ke orang2 yang tauk :P~

Teh trus bongkar deh lagu2 daerah Flores. Yang berikut ini lirik lagu yang berasal dari Larantuka - masih satu daratan ma Ende jugak.

Lia lampu manyala di pante uste .. e ..
Orang bekarang di angin sejo .. e ..
Inga pa mo ema jao .. e ..
So inga ade mo kaka jao .. e ..

Tenga ole ema ura liwat tanjung bunga
Malam emboh ujan poriente .. e ..
Tanjong bunga making jao .. e ..
Sinyo terdampar la di tanah orang

Bale nagi bale nagi bale nagi sinyo .. e ..
No e kendati nae bero .. e ..
Bale nagi bale nagi bale nagi no ee
No e kendati nae bero .. e ..


Walah, malah lagu itu Teh tauk banged arti semua na kekekeke, tetangga Teh itu orang Larantuka semua. FYI, Larantuka dikenal dengan nama 'NAGI' jugak. Moke 'nagi' alias tuak khas Larantuka itu paling terkenal. Ada yang bisa dibakar trus manyala bagitu :D hehehe. Oh iya kata 'jao' di lirik lagu diatas itu artinya bukan = saya loh. Tapi artinya = jauh!! Kalau tanya orang Larantuka, lagu apa yang paling melegenda di sana, ya lagu BALE NAGI itu!! Tanjung bunga adalah nama tanjung di ujung Larantuka .. wuih katanya pemandangannya bwagus bwanged. Kalau pante Uste adalah nama pantai di sana :)) .. Dulu kk Toto dengan band kami pernah bikin album lagu2 daerah .. salah satu lagunya begini nih,..

Sore sore jalan tepi pante uste,..
Lia nagi tana kita nagi kota renya,..
Lia lao tepi tepi jalan,..
No mo oa kebara sasaja,..
Dudo bacarita rame,..

E,.. nagi, nagi manise,..
Trada dua indahnya,..
Terbentang sjarah di matamu,..
Kota cinta kota renya,..


Hhehehe. Teh masih punya kasetnya .. 20 biji!! :D :D Sisa penjualan taon 2002 kemaren yang gag laku :D hehehe. Album itu berisi lagu2 daerah dari seluruh Flores. Jadi ada lagu 'gawi' khas Ende jugak. Ada lagu Larantuka, Maumere atau Bajawa. Hmm,.. satu lagu Ende dari album itu yang mengisahkan tengtang 'RUMPU RAMPE' paling Teh suka. Oh iya, rumpu rampe adalah tumisan sayur khas sini yang teridiri dari aneka sayuran di tumis pake bumbu2 rumpu rampe. Nyumi dimaem ama singkong rebus dan ikan bakar *slurps*

Rumpu rampe rumpu rampe
Sio daon rumpu rampe ..


Selanjutnya Teh lupa!! Huwahahahaha.

Hmm, istilah untuk cewek atau cowok di Flores itu banyak banged. Kayak orang Jakarta dengan : ABANG & NONE, orang Surabaya dengan : CAK & NING, orang Ambon dengan : NYONG & NONA. Maka di satu pulau Flores yang kecil ini,.. setiap daerah mempunyai istilah masing2. Misalnya Ende, cowok=NARA cewek=WETA. Larantuka, cowok=NO cewek=OA. Maumere, cowok=MOAT. Manggarai, cewek=ENU dst dst .. *gag tauk lagi* hahahaha.

Nah, kalau bicara soal lagu daerah Flores, kita kudu bicara soal lagu daerah Ambon yang 'merajai' Flores jugak. Ga lagu buat poco2, lagu buat slow dance dsbnya, Ambon memang jagoan!! Selain Ambon, masih ada lagi nih, lagu2 dari Irianjaya dan Manado. Nah, salah satu lagu Manado yang paling Teh suka itu yang ini nih,.. Judulnya 'Arang Tempurung'

Sungguh mati kita nya sangka,..
Kalo jadi bagini,..
Cinta yang lama torang piara,..
Akhirnya ancor parcuma,..
Mungkin lantaran kita pe muka,..
Nyanda talalu gagah,..
Ngana pe sayang dulu ka kita,..
Skarang ka orang lain,..

Sampai hati ngana do sayang,..
Beking kita bagini,..
Pe pidis skali kita da rasa,..
Cinta yang ngana da kaseh,..
Jangan dong sayang ngana seng sama,..
Kita deng orang laeng,..
Yang dulu parnah tlah beking ancur,..
Ngana pe mimpi-mimpi,..

Tiap badan kita yang ngana da pilih sayang,..
Cuma lantaran ngana pe sakit hati ka orang laeng,..
Ancur badan kita yang ngana beking bagini,..
So apa do kita pe salah,..
Sampe ngana bapindah hati,..

Kotor-kotor abu do lika,..
Lebeh kotor ngana pe cinta,..
Hitam-hitam arang tampurung,..
Lebeh hitam ngana pe hati,..


Well, jangan dikira lagu dari Jawa ga ada yang ngeTOP disini loh. Banyak tuh! Salah satunya 'cucak rowo' kekekeke. Dulu Teh pernah denger 'tul jaenal jae jatul jaeji ..' <--- bener gag yah kata2nya? Huehuehue. Teh masih nyimpen semua koleksi lagu 'Jawa' milik bapak. Album campursari'an nya bookk. Banyak!!! :)) Teh jadi tauk nyanyiin lagu,..

Teh poci mas, manis gulo jowo
Mampir mriki mas bakule mbak ayu


Atau lagu ini,..

Yen ing tawang ono lintang cah ayu
Aku ngenteni sliramu


Atau,..

Ning setasiun balapan
Kota solo sing dadi kenangan
Kowe karo aku,..


Back to Ende lagi,..

Iyaph, Ende sebenernya gudang pemusik jugak sih. Banyak band daerah. Banyak orang yang bersuara bagus, rata2 orang timur suarana bagus2 kan? Cie cie hehehe. Sayang, disini ga ada fasilitas yang memadai. Meskipun begitu, udah terlalu banyak album daerah yang diproduksi sendiri :P salah satu nya ya album milik 'Jemiri Record' ituw :P *ber-ijin Industri* huwekekek. Lagu2 yang sekarang diproduksi banyak berirama dangdut atau pop. Oh iya, udah pernah liat tampang KIA AFI di zaman duluw dengan album perdana nya? Teh udah tuh ;p udah denger jugak lagunya. Kia nyanyiin lagu Larantuka (tempat asal bapaknya) hehehehe. Psstt, tampang Kia di cover kaset masih amat culun!! Huwahahahahahha.

Sekarang Teh jugak suka gitu denger lirik lagu 'produksi Ende' yang amat Endenisasi. Nah, tetangga Yusti pan punya band .. tiyap malam kalaw Teh maen ke sono, ada satu lagu Ende yang betul2 menggelitik hati kalaw dengernya. Ende bwanged liriknya!!

Ja'o liat kau di pesta
Kau juga liat ja'o
Kita pandang-pandangan
Pulang pesta ja'o antar
Nae motor lewat jalan berlubang-lubang
Beking kita baku sese'eee


Wakakakak. Asli Endenisasi bwanged :D :D :D Teh dan Yusti ampe ngakak ga karuan kalau lagu itu mereka maenkan. Nah, kalau tetangga Yusti yang rumah nya agak jaohan .. punya band jugak, masih belum seberapa profesional sih. Ada satu lagu yang mesti kita denger setiap malam.

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya

Kekekekeke. Band gendeng!! :D Setiap malam itu lagu pasti ada deh! Neg jugak dengernyah :P Entah mengapa mereka seneng maenin lagu itu. Hmm, oke juga sih, kan mengenang ibu pertiwi kekekek. Tapi asli lucuuwwww *ngakak* Duh ampe kluar aer mata kalau inget malam2 penuh kenangan itu *tsah* huhuehue.

Yaaaaaaaahh *tarik napas* .. eh? Boal bulet kemana? Huwaaaaaaa!! Bola bulet semaput saking banyaknya postingan kekekeke. Elus2 pala bola bulet, kan Teh lagi semangat bercerita :P Itu saja blum komplit kok *bola bulet pengen semaput lagi* wakakakak. Oke deh temen2 semuah, makaseh yah udah ngebaca postingan Teh hari ini,.. Teh kudu kerja lagi .. tatah .. higa higa *nari2 primitif* huga huga KOREKA!!

Wassalam

Share:

5 coment�rios