Assalamu'alaikum !!!
Tootyee dengan ikhlas mengucapkan SeLaMaT HaRi RaYa IdUL FiTrI, MiNaL AiDzIn WaLfAidZiN, MoHon MaaP LahIr BaThIN yaa semuaa, di hari yang fitrah ini, mari kita saling memaafkan, semua kesalahan yang disengaja atau yang tidak disengaja *lirik bang Ogut ;p* Lebaran bukan sekedar baju baru, sepatu baru, tas baru, sandal baru dan pacar baru, lebih dari itu, Lebaran melahirkan jiwa dan hati yang baru dan bersih, karena semwa dosa kita telah dihapus selama bulan Ramadhan kemaren ... tinggalkan yang lama dan jelang yang baru :) khusus tootyee kayaknya ga diampuni deh dosanya :( i am the poor one! huaa huaa huaaa *nanis air mata darah* Ini sedikit cerita tootyee tentang LeBaraN di Ende ..

Marhaban Ya Ramadhan
Lebaran di Ende ...

Ende adalah salah satu ibukota Kabupaten yang terletak di pulau Flores. Kota kecil dengan multi ras dan agama ini tentu saja turut ramai di kala lebaran tiba. Suasana yang khas membuat semua manusia yang pernah lahir dan besar di Ende ingin pulang, merayakan hari Kemenangan ini bersama sanak saudara. Saat hari terakhir kita berbuka puasa, menjelang malam takbiran, suasana kota ini bertambah ramai. Semua orang rasanya ingin ikut berkonvoi atau pawai keliling kota meramaikan malam takbiran. Biasanya pawai kendaraan bermotor akan dimulai di km 01 yang terletak tepat di tengah titik lapangan bola Ende. Selanjutnya rombongan pawai akan melewati jalan-jalan utama di Ende. Ramai dan menyenangkan. Orang tua dan muda berkumpul menjadi satu penuh suka cita. Tawa canda mewarnai malam takbiran yang ramai namun tetap tertib dan terkontrol, itu-lah yang membedakan Ende dibanding kota-kota besar lainnya. Orang tidak perlu khawatir soal kerusuhan dan keributan.
Sholat Ied ke-esokan harinya akan dilaksanakan di dua lapangan bola besar di Ende. Satunya lapangan bola Ende, sedangkan yang lain di lapangan bola Marilonga Ende. Penduduk Ende akan beramai-ramai menuju lapangan bola untuk melaksanakan sholat Ied bersama-sama. Suatu ke-khasan tersendiri sholat di bawah langit dengan hampir semua penduduk muslim di Ende. Sehabis sholat saling berjabat tangan penuh kedamaian. Andai saja setiap hari bisa begini. Sayang, bulan Ramadhan hanya ada satu kali dalam setahun, maka isi-lah bulan yang penuh berkat ini dengan kebajikan dan keikhlasan.
Ini tahun kedua, sebuah rumah besar di jalan irianjaya nomor lima dua merayakan lebaran tanpa figur seorang Papa. Namun kehadiran beliau selalu kami rasakan di dalam hati, seperti kami merasakan kehadiran Allat SWT di setiap denyut nadi. Kalau dulu sehabis sholat Ied, semua anak-anak Papa berkumpul di rumah induk. Acara sungkeman itu yang paling berkesan. Dimulai dari anak tertua sampai yang bungsu, kemudian para cucu .. berderet saling mencium tangan, pipi dan lutut. Sekarang, sehabis sholat Ied, kami semua langsung menuju areal pemakaman, makam Papa menjadi tujuan utama kami. Berdo'a di sana dan merasakan kehadiran Papa di sekeliling kami. Papa, dirimu selalu ada di dalam hati kami, anak-anakmu. Sepulang dari makam papa semua berkumpul di rumah, sungkeman lagi. Meskipun kini hanya ada mama tua yang selalu tersenyum, meskipun di sudut-sudut matanya nampak cairan bening menetes ... Kami mencintaimu mama. Kegiatan yang paling ramai sesudah itu adalah menyantap hidangan lebaran yang menggugah selera. Ketupat lebaran, opor ayam, gulai kambing sampai krupuk dan sambal. Enak dan lezat! Kue-kue lebaran dicicipi satu persatu. Hmmm siapa yang nolak? Enakk ...
Lebaran, moment yang selalu dinantikan oleh semua umat muslim di muka bumi. Lebaran bukan hanya berarti baju baru, sepatu baru, sofa baru. Tapi lebaran memiliki arti yang lebih besar dari itu. Hati yang baru dan bersih. Setelah sebulan penuh [di bulan Ramadhan] hati kita di cuci bersih, maka saatnya meraih kemenangannya di saat Lebaran. Rasakanlah sendiri bagaimana hati kita begitu damai saat Lebaran tiba :)
Minal Aidzin Walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin. Hari ini kita seolah lahir kembali menjadi manusia yang baru, bagai bayi yang baru lahir. Bersyukurlah kita karena semua dosa kita di masa lalu terhapus oleh puasa yang dijalani saat bulan Ramadhan, bulan seribu rahmat turun ke bumi. Beruntunglah kita karena masih diijinkan Allah SWT menikmati indahnya Ramadhan dan nikmatnya Lebaran. Di hari baik ini, marilah kita lupakan semua pertikaian dan pertengkaran yang telah terjadi. Saling berjabat tangan dan memberi maaf, karena lebih mudah meminta maaf dari memberi maaf. Jangan biarkan hati kita diselimuti kemarahan dan dengki. Bayangkan saja, Allah dengan murah hati mengampuni dosa-dosa kita sebagai manusia, masa kita sebagai manusia tidak mau memaafkan kesalahan sesama manusia? Sekali lagi, Minal Aidzin Walfaidzin, maafkan lahir dan batin ....

Yeah dah duluw ya, mo kerja niy, mo bikin laporan :P soalnya besok libur kan? Besok Lebaran kan? wahahaha seneng nya besok lebaran, ga sabar nyicipin masakan para sister niy hwahahaha ... yuuuuuuhuuuu ntar malem mo ikutan konvoi ahhh sippp wai wai all .. wai wai bola bulet muah muah muah :) xixixi Happy Idul Fitri!!!!!!!!!!!!!!!!! Koreka!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Share:

0 coment�rios