Kilas Puasa

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kepada sahabat, saudara bahkan yang sekedar lewat di weblog ini, Teh ingin sekali mengucapkan --@SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA@-- bagi yang menjalankan, semoga puasanya nanti afdol dan ga banyak bolong2na huehue *Seperti Saya :D* hehehhe.

Uhm, karena bentar lagi puasa, kilas puasa yuk ^^ Di Ende, yang namana bulan Ramadhan itu mesti 'beda' mongken sama dengan kota-kota yang lain yak? Aura kehidupanna menjadi berbeda dari hari2 biasa. Meskipun Teh tinggal di kompleks perumahan yang mayoritas Katolik, namun nuansa Ramadhan tetap terasa.

Jem 3 pagi mama tua udah bangunin kita sambil hidupin tipih dengan volume yang mayan kenceng hehehe. Eh, tetangga kanan kiri ikutan bangun 'tuk sekedar menonton tipih dengan acara yang bernafaskan Islam. Setelah itu manasin lauk. Biyasana yang paling sip kalaw sahur itu lauk-na : rendang, ayam goreng kering atau telur goreng :D yang praktis2 aja getu. Soalna satu rumah paling malas sahur ma ikan, ga enag di mulut huehue. Ataw kalaw dah malas banged, daging kalengan pun jadi pilihan :D tapi dipedis2in gituw huehue.

Usai sahur, kita nunggu waktu Subuh sambil nonton tipih ataw ngobrol ini itu. Kalau adzan Subuh udah sahut2an, kita sholat deh :) Abis sholat? Mama tua sih langsung beraktivitas, sedangkan Teh,.. hhihihi *maluw* BOBO LAGI!! Hiah! Gimana mo kuruss. Tapi terkadang ada temen2 yang ngajak jalan2 pagi. Wuih, kalaw daerah pesisir *deketna lapangan perse* rame banged tuw!! Entah orang dari mana tempat numplek :D tebar2 pesona? Sah'elah!!

Kalaw kerja, masuk na rada malas :P telad terus hihihihi. Padahal puasa bukan lah alasan untuk telad gitu kan? Sutralah, Tuteh ini kok gegege. Bistuw ya beraktivitas seperti biyasa. Karena Teh ini jarang mam nasi dan jarang minum aer putih, jadi kurang terasa,.. udah biasa gituw. Tapi terkadang kalaw cuaca panas banged,.. godaan selalu ada hiahiahia *lirik Achy*

Nah saat berbuka ituw yang paling enag. Karena kakak2 dah pada tinggal di rumah sendiri termasuk kk Didi, setiap buka puasa selalu rame. Rame sama hantaran maksutna :D Jadi, kadang2 malas gituw siyapin menu untuk berbuka. Lagian, yang puasa cuma kita2 juga, anggota dalam rumah, yaitu : mama tua, Teh, Mahani dan Indra. Indra kalaw gag kuwad,.. batal deh. Nanti kalaw udah bikin kolak singkong *slurps* eh kk Nani anter kolak jugak. Mbak Wati anter es buah. Kk Nini anterin lauk :P jadi pan mubazir? Orang cuman ber-4 tapi menu na banyak.

Apalagi mama tua pantang makanan/minuman yang ber'es atau dingin. Jadi kalaw berbuka, mama tua malah minum aer hangat ama 2 biji kurma!! Yaik, Teh ga suka kurma iks. Heran aja deh mama tua, kuwad gituw kalaw puasa. Mana ga bisa diem lagi. Sebentar dah ngurusin tanaman obat, ngejahit ataw bongkar2 lemari hihihihi. Topz ;p Teh mah gag bisa kek gituw .. blom bisa maksutna :"> duw jadi maluwwww.

Uhm, kalaw udah berbuka dan sholat Maghrib, langsung deh siyap2 tarawih. Ga bisa mam apa2 duluw,.. diisi aer putih segelas aja peyut dah terasa penuh!! Mangkanya enakan tarawih duluw di masjid. Karena kompleks rumah Teh ga ada masjid yang deket, Teh sering berkelana dari satu masjid ke masjid lain na huheue. Tapi kalaw dah mentoq, paling ke Masjid Pu'unaka di jalan A.Yani ituw. Disitulah Teh tarawih dan berbuat jahil *evil smile*

Naik motor ga sampe 5 menit sampe deh. Di masjid ketemu temen2 yang udah ngambil posisi masing2. Karena masjid yang ini kecil, orang2na numplek, jadi rebutan gituw :D Teh justru suka datang na telad, biyar kebagian di teras masjid yang banyak angin na hehehe. Kalaw capek, duduk nongkrong maen ma bocah2 yang niyat ke masjid bukan bwat taraweh :D tapi bwat maen huehue. Asik aja gituw maen ma mereka kikikikiki. Tapi kalaw dah ga capek lagi, ikut lagi deh.

Dulu waktu masih smu, Teh sering tarawihan bareng Yusti/Indie. Nah berdua menjelajahi masjid ke masjid yang orang2na notabene dah kenal semua. Maklum ini kan kota kecil :) Ada satu cerita yang bikin Teh ngakak. Yusti tuw mang jahil abis deh. Pas rakaat ke sekian tarawih, dia rehat. Nah, pas Teh mo 'Allahuakbar' gituw, dia nahan tangan Teh ampe ga bisa terangkat ke kuping. Dudutz dah!! Ya ga bisa sholat dwong!! Huwahuwahuwa. Jahil abis si Yusti!

Hmm apa lagi yak? Oh iya, Teh pernah mengira bertemu Lailatul Qadar :D sah'elahh harapan nan sirna!! Waktu ituw naek motor mo ke masjid, karena Yusti ga ikutan, Teh sendiri lewat di jalan Pahlawan. Dari arah depan ada sosok tinggi guede pake baju ma sorban putih2 gitu!! Masya Allah, bulu tengkuk Teh dah bediri semuwa .. kerain LQ .. semakin mendekat, degup jantung dah ancur2an, keringet dingin .. semakin deket .. eh ternyata manusia huwahuwahuwa. Orang itu ternyata termasuk kiai2 berdarah Arab yang datang ke Ende buat nikmatin bulan Ramadhan disini ... sigh!!

Trus,.. kalaw udah bulan Ramadhan gini, banyak banged orang2 yang 'tiba2' juwalan gitu. Berbagai panganan dengan berbagai minuman di juwal dengan bebas ciiiiiee :D :D *gag butuh ijin industri :P* hihihihi. Murah dan enag :P betul2 disediakan bagi orang2 yang akan berbuka tapi ga sempet masak.

Naaaah yang paling ditunggu2 itu malam Takbiran. Karena bakal ada pawai kendaraan bermotor besar2an. Yang ikut ga hanya kamu Muslim aja. Banyak teman2 dari agama lain yang ikutan. Di Ende, kehidupan beragama na sangat harmonis dan saling toleransi!! Bahkan kalaw sholat Ied, bagian pengamanan na ituw terdiri dari Pemuda Katolik dan Pemuda Hindu/Budha. Demikian pula kalaw Natal, jangan kaget ada cewek berjilbab yang ikutan duduk di pos keamanan 3 gereja besar di Ende. Hayo ke Ende!! Udah promosi abis2an neh hueheuheue.

Saat Idul Fitri, setelah bapak tiada, kita kudu ke makam bapak dan makan na kk Tuty duluw. Abis itu baru deh pulang ke rumah. Mam ketupat. Kebiyasaan di rumah Teh, setiyap Lebaran ketupat itu selalu berteman sama : sayur nangka/lodeh, opor ayam, rendang, soup ayam ma krupuk!! Udah, itu aja, gag ribet hehehe. Soalna sediana kudu banyak. Semua keluarga besar kita ngumpul na di rumah. Duw pesta Idul Fitri betul deh hehehe. Tapi lebaran kali ini Teh pengen nyediain sate :P~~~ mama tua setuju gag yak? Soal na mama tua biasana ilfil duluan ama ide2 Teh wakakakak.

Aduw, ceritana masih panjang, tapi dah gag kuwad sama godaan IRC :D mo kesono dulu ah :"> pengen cari Jejes ma Pipit :D oi oi,.. forgive me dunk yak deh ah :D maapin yak kalaw 'hal itu' telah membuat kalian marah dan ngambek .. PLIS MAAPIN yak?

Dah ya bola bulet .. higa higa *nari2 erotis* huga huga KOREKA!!

Wassalam

Share:

0 coment�rios