Saturday, August 27, 2005

Band Kocak

Duh duh aduh Jamilah
Kini engkau tengah hamil tua
Aduh gendutnyaaaaa...
[PMR - Jamilah]


SALAM KOCAKERS!!
Apa itu Kocakers? Berdasarkan apa yang saya baca pada sebuah situs: Hai Online, Kocakers adalah sebutan untuk Band Kocak yang kian lama kian menjamur di negeri kita yang tercinta ini. Apa yang menandai sebuah Kocakers? Gampang aja, kalo bukan penampilannya yang rada aneh, ya lirik lagunya yang bikin mules pengen pipis xuexuexue. Anda tentu ingat dengan yang namanya PMR, Pengantar Minum Racun yang dipimpin oleh Joni Iskandar itu loh.

Sandal jepit dibuang
Ganti hak tinggi
Rambut kepang dua
Dipotong pendek
[..... - ......]


Kocakers sangat digemari karena saat kita mendengar lagu2 yang mereka nyanyikan, maka semua stress akan hilang dengan sendirinya. Pesan moral: Kocakers bisa menggantikan posisi obat stress pada laci lemari anda!! Duo yang nyanyiin penggalan lirik lagu diatas, mungkin ada yang tau siapa mereka?

Aku terbayang wajah pacarku
Yang asoooooyyy!!
Aku terbayang cantiknya pacarku
Yang ammmoooyyy!!
[Dapur 61, Jamal Mirdad - .....]


Setelah PMR muncullah Jamal Mirdad yang ikutan meramaikan blantika musik Indonesia saat itu. Ada lagi oleh Doel Sumbang suit suit. Aduh itu lirik lagunya Doel Sumbang bikin mulessss.

Seiring dengan berjalannya waktu, Kocakers seakan hilang. Lagipula dulu itu namanya belum Kocakers. Orang hanya tau... oh PMR, oh Dapur 61, oh Doel Sumbang. Hanya itu. Gak ada istilah khusus apalagi istimewah yang menjadi embel2 mereka. Namun benar kalo bumi itu bulat dan selalu berputar. Setelah cukup lama menghilang, muncul lagi Kocakers baru. Sebut saja P-Project.

Antrilah di loket
Untuk beli tiket
[P-Project - Antrilah Di Loket]

Kemunculan P-Project (Deni, Izhur dll) membawa angin segar pada industri musik Indonesia. Ramai2 orang ikutan bikin plesetan sendiri atas lagu2 yang mereka sukai. Liriknya dirombak abis semau gue dengan nada yang sama.

Plis plis plis dong ah
Melirik sekali aja
Aku senyum sudah lama
Gigi kering gak terasa
[Project Pop - Please Dong Ah]


P-Project seakan hilang. Barangkali karena masing2 personelnya dapet job sendiri2 ya? Tapi masyarakat pecinta Kocakers gak perlu kecewa, karena muncullah Project Pop yang gak kalah heboh sama seniornya (P-Project). Hebat aja Tika and the geng ya! Mereka seperti bunga tahi ayam ditengah Tulip. Dan kehadiran mereka justru lebih meriah dibanding P-Project. Mongken karena jiwa muda yang enerjik ya?

Pak Er we datang bawa polisi
Aku diseret dari kamar mandi
Tanpa baju, tanpa handuk..
[Jamrud - Waktu Kumandi(?)]


Kalau boleh saya menambahkan, Jamrud boleh lah dibilang Kocakers karena lirik2 lagu mereka yang lucu banget. Lirik yang apa adanya namun justru membuat orang suka. Ah, Surti n Tejo yang nge-boom! Ampe ada lirik yang kudu di*sensor* heuehue.

Nah, berdasarkan survey lapangan (cieh cieh) dan mendengar sendiri lirik2 lagu dari band2 yang bermunculan, maka saya bisa menambahkan lagi Kocakers Indonesia. Duh, mereka itu kreatif tif tif banget. Sangat imajinatif dan selalu kompetitif. Ijk bahasanya :P heheheuw. Seperti kemunculan Pesta Rap (Black Skin dll) and Neo.

Yo yo yo ono wong jowo
Mobilne mercy ijo
Ketemu cewek matre yang sontoloyo
Wong jowone bertanya, yo ono opo?
Si cewek matre menjawab,
Mas mbok ojo ngono
[Black Skin - Cewek Matre]


Meskipun Black Skin dan temen2nya (da ricuh, sound da clan, dll) mengusung Rap sebagai aliran musik, tapi liriknya tetap saja kocak menurut saya. Bagi saya, apa pun aliran musiknya, yang penting liriknya bikin ngikik, itu lah KOCAKERS!!

Rocker juga manusia!
Punya rasa punya hati!
Jangan samakan dengan
Pisau belati!!
[Seurieus - Rocker Juga Manusia]


Hehehe. Itu dia, Seurieus! Band yang bervokal-kan Candil ini emang nyeleneh dari sononya hehehe. Mulai dari gaya berpakaian dan aksi panggung yang 'gila' hinggal lirik lagunya yang enak di dengar membuat Seurieus termasuk dalam Kocakers Indonesia! Yeacchh!! Ngerock tapi bikin ngakak? Why not gitu loh!

Bollywood wood wood wood!
Goyangnya ya ya yahud!
Serasa dang dangdut!
Ngebornya mah wood wood wood!
Haya haya haya haya...
[Jahanam - Pilem India]


Yo yo yo, seiring perkembangan zaman, yang mengusung Kocakers udah gak sedikit lage loh. Dari semua aliran musik ada. Sampe yang pake lirik bahasa jawa! Kayak Jahanam ini. Aduh rugi banget deh kalo gak dengerin lagu2nya Jahanam kayak Tumini, Ronda, Pilem India, Konflik, dllnya. Eh tapi ada satu yang gak boleh didenger karena menurut saya itu udah agak diluar batas. Hehehe. Saru sih gpp, tapi ini Sara! Hueheue.

Oh mas Parto si tukang baso
Biarpun loyo yang penting macho
Oh mas Parto si tukang baso
Sudikah yey, jadi lawan panco
[PHB - Baso Mas Parto]


Ini dia Pemuda Harapan Bangsa yang gara2 lagu Baso Mas Parto sama anak2 PHB dibilang Perkumpulan Habitat Bencong. Xixixixi *ngikik*! Menurut yang saya baca di situs Hai Online, PHB termasuk Kocakers yang anti sama yang namanya DRUM!! Adanya gendang hehehe. Tapi itu tak mengurangi asiknya kita mendengar lagu2 milik PHB. Justru disitulah letak ciri khas mereka.

Udah gak kuat nahan
Pengen gitu-gituan
Ayo cepat masukkan
Tapi pake pengaman
[Kungpow Chiken - Pengen Gituan]


Hehehehe. Membaca penggalan lirik diatas, semua langsung tau, Kungpow Chiken! Merdeka! Saya suka sama lirik2 lagu Kungpow yang enak banget didenger kalo lagi BETE alias butuh tatih tayang xixixix. Seangkatan sama Kungpow Chiken (orang lama dunia rap cuman ngebentuk kelompok sendiri), ada Saykoji. SO WHAT GITU LOH! Lo punya pacar ada lima, so what gitu loh! Ada juga Abieth, Hootkila dllnya.

Sayangku tentu kau tak lupa
Waktu aku diserempet mobilnya papamu
Aku berjanji kau bersumpah
Untuk buka warung tegal di Eropa
Kalau kita jodoh kita suami istri
Aku tak minta telur setengah mati
Mungkin setengah matang cukup tiap hari
Asal istriku stand-by
[Tani Maju - Oh Pacarku]


Nah kalo Tani Maju.. itu udah lama! Soundrenalin tahun 2004 (make music not war) Tani Maju termasuk band lokal yang turut meramaikan panggung Soundrenalin 2004 di Malang. Band asal Malang ini gak kalah nyeleneh dari band2 pendahulunya. Kalo saya boleh bilang "COOL!" hehehe. Pernah dengar Castol atau Oh Pacarku milik Tani Maju? Ugh gemezz xixixi. Selain Tani Maju ada juga The Produk Gagal asal Jogja.

Oia, PMR kembali unjuk gigi. Dengan lagu2 lama yang di re-mark.. huhuy! Tambah asoy aja loh. Gag percaya? Dengar aja. Dan bagi yang suka nonton TPI *lirik Ellya* itu tuh TimLo, menurut Hai Online, TimLo termasuk Kocakers yang meramaikan partai musik Indonesia!!

Ketuk dulu pintu rumahku
Lepaskan dulu sepatumu
Beri salam pada ibuku
Baru kau bisa ketemu aku!
[Oppie - Na na na]


Well well, kaum hawa juga gak mau kalah. Sebut saja pada zaman baheula ada Oppie Andaresta yang penampilannya cuek abis! Lagu2 Oppie selain bertemakan cinta dan persahabatan juga terkandung nilai2 hidup yang sadar ato tidak, anda akan terkagum2 olehnya. Pulau Biru Production emang jempol deh (Oppie, Slank, Imanez) Dan yang sekarang lagi seneng didengerin sama anak2 yang ngaku2 gawul, itu tuh si YACKO.

So what?
Kalo cowok lo suka ma gue
So what?
Kalo gaya gue lebih holei..
[Yacko - So What]

Uhm oke deh. Kocakers emang gak ada habisnya kalo terus2 diomongin. Dan kayaknya menurut ramalan mbah Lung (ijkk Balungg *nunjuk* :P), Kocakers bakal terus meramaikan blantika musik Indonesia hingga taon depan! Soalnya neh, Shania Twain aja suka nulis lagu yang liriknya kocak! Weh, gak ada hubungannya ya? Heheheuw.

Oia, mungkin ada Kocakers yang terlewatkan oleh saya? Pasti ada dong ya? Kalau ada, tulung dikasih tau ya :) sebagai bahan pertimbangan.. loh? Gaya nih saya :P~ Misalnya Tengkorak, Rebek, Purpose, ato Edane? Xexexe. Jadi inget anak2 The Hand, band Ende yang punya banyak lagu ciptaan sendiri.

Cewek cewek zaman sekarang
Dasar matre tampang kampungan
Ada uang abang disayang
Tak ada uang abang ditendang
P**i Ma* tu cewek!!
P**i Ma* tu cewek!!
[The Hand - PM]


HA HA HA HA HA HA HA HA HA HA HA HA HA HA!! Oke oke, saya berhenti tentang Kocakers. Salam kocakers aja deh untuk semua yang maen kesini. Semoga hati anda tetap bersih dengan noda2 kecil (kan ada rinso :P). Semoga apa yang qta lakukan hari ini mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT, amin!

The Lyric,
Kirey, Jangan Kau Samakan

Kurasakan dan kumengerti
Ketika ada kata terucap tanpa kau sadari
Kegagalan kisah cintamu
Begitu lekat erat mengikat trauma hidupmu
Aku bukan lah dia, jangan kau samakan
Dan kau pun pasti mengerti, kekurangan kelebihanku
Terserah dirimu kasih
Semua tlah ku ungkapkan
Sikap dan pribadiku
Mungkin kau pun tlah tau
Pasti mengerti :)


Jangan lupa dukung BOJES ya!! Suami masa depan ihihihihi.

Wassalam.

2 comments:

Zacky Faozan said...

creatif

Anonymous said...

wah! saya orang NTT! Flobamora! salam! saya orang manggarai! forum lompong cama buat yang tua tua! momang ge!