Sunday, October 02, 2005

Tahajud Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan tempat kita menangguk pahala yang sedemikian besar. Pahala itu kita dapatkan dengan melakukan beragam bentuk ibadah, baik ritual formal (mahdhah) ataupun bentuk-bentuk lain. Tentunya, semakin banyak kita bisa melakukan beragam ibadah, akan semakin besar pahala yang akan didapat. Salah satu ibadah yang paling favorit untuk dikerjakan di bulan Ramadhan adalah shalat malam. Baik berupa shalat tarawih maupun shalat tahajjud. Secara khusus Al-Qur'an Al-Kariem telah menganjurkan kita untuk melakukan shalat tahajjud.

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji..(QS Al-Isra': 79)

Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam".(HR Muslim)

Rasulullah SAW ditanyakan tentang shalat yang paling utama setelah shalat maktubah (shalat wajib 5 waktu), beliau SAW menjawab,"Shalat di tengah malam.".(HR Jamaah kecuali Bukhari)

Dari Amru bin Abasah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Jarak paling dekat antara Tuhan dengan hamba-Nya pada saat malam di bagian akhir. Bila kamu mampu menjadi salah satu diantara orang yang mengingat Allah pada saat itu, maka lakukanlah.".(HR Tirmizy dan beliau menshahihkannya).

Maka bila di malam-malam di luar Ramadhan, shalat tahajjud di malam hari sangat disunnahkan, apalagi bila di dalam bulan Ramadhan. Tentu lebih dianjurkan lagi. Sayang sekali bila malam-malam Ramadhan itu terlewat begitu saja dengan tidur. Seharusnya kita memanfaatkannya dengan shalat malam, sebagaimana dalil-dalil di atas.

-----

Artikel diatas dicopy-paste :P dari Eramuslim.
Oia, bagi yang maen ke sini, tulung dunk kasih tau, apakah banner bloggernya masih ada ato udah gak ada? Thx ya hehehhe.
Keris Patih menduduki posisi nomer 1 (SATU!) tangga music Astaga! Hihihih ^^ keren yah? Jadi kangen ama mereka *cuih :P* hahaha.

Wassalam.

6 comments:

Epat said...

Wahai orang-orang beriman sesungguhnya diwajibkan bagi kamu untuk berpuasa.... ( Hanya untuk orang-orang beriman saja tho? )hehehehe...

randi said...

Tuteh, How are you GIrl ? mana bojes ngga nongol lagi di TV? :D

:) kemarin saya abis kopdar loh.

Mas Tom said...

Kok commsys-nya nggak pake Haloscan lagi sih Teh?

Btw, thank you ya... baca postingan Tuteh yang ini bikin aku niat untuk lebih banyak sholat tahajud di bulan puasa nanti ;)

ika said...

met puasa yaaah teh maap lahir batin yg semangat puasanya dan tahajud *aku loh malemnya malah molor* heheheh...korekaa!!

makasiih banyak kirimannya, jd lebih semangat ngumpulin duit receh kekekek :P

Anonymous said...

bannernya keliatan, teh :D

jangan lupa sholat wajib juga yak :P

*DeepBlue

erfi said...

Met puasa ya teh.. semoga puasanya berjalan lancar, ngga ada bolongnya kecuali diwaktu tertentu ;)

oya, mohon maaf lahir batin yaa.. siapa tau pernah ada salah kata yg sengaja ataupun tidak.

btw, leot ramadhannya kerennn.. adeemmm ;D